About

Ada ungkapan menarik, “Tidak akan cukup waktu membahas dunia kopi.” Barangkali ungkapan itu benar bagi orang-orang yang telah menaruh antusias dengan kopi. Dari antusiasme itulah muncul berbagai pertanyaan seputar kopi, apa, bagaimana, mengapa dan banyak pertanyaan lainnya.

Kopibarista—dulunya menggunakan komain Kopibrik.com—mencoba menjawab pertanyaan itu dengan proses waktu yang juga tidak dapat berjalan dengan instan.

Ketika online pertama kali pada November 2012, saya mengawalinya dengan pertanyaan “mengapa?”—mengapa baru sejak tahun 2012 saya menyadari bahwa Medan ialah kota yang sangat “strategis” dalam industri perkopian Indonesia, bahkan internasional.

Medan merupakan pintu gerbang kopi Sumatra, komoditas berkualitas dan telah diakui di pasar dunia sejak abad ke-18. Dari pertanyaan “mengapa”, kemudian muncul banyak pertanyaan lainnya, antara lain, siapa, bagaimana, kok bisa dan banyak lagi.

Melalui blog, saya menuliskan setiap jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seputar kopi, mungkin bukan hanya dari saya, tapi juga pertanyaan dari banyak orang. Blog ini merupakan sebuh catatan tentang kopi, mulai dari hulu hingga hilir—dimulai dari pertanian kopi Sumatra, proses dan disambung ke hilir yang meliputi industri kopi di Medan, yang dapat diidentifikasi dengan terus bertambahnya usaha bisnis kopi; mulai dari tempat ngopi hingga usaha penyangraian kopi (roastery).

Saya juga berterimakasih kepada banyak orang yang telah mendukung eksistensi blog ini hingga kini. Begitu juga ketika saya menulis buku Medan Coffee Guide, yang mendapatkan dukungan dari banyak pihak, termasuk penerbit.

Singkat kata, semoga blog ini dapat menjadi sumber referensi dan inspirasi bagi Anda yang ingin menyusuri dunia perkopian kita.

Ttd,
Tonggo Simangunsong

Tonggo Simangunsong berprofesi sebagai jurnalis, mulai mempelajari kopi sejak tahun 2012, menulis buku Medan Coffee Guide, freelance public relation consultant untuk perusahaan kopi dan coffee shop di Medan. Saat ini sedang mempersiapkan penerbitan buku kopi keduanya.